Di beberapa catatan sebelumnya tentang cakupan pengertian Commitment, sudah saya uraikan masalah totalitas, Visi, Misi.. nah sekarang kita akan berbicara tentang rekomendasi. Kenapa rekomendasi, dan apa yang direkomendasikan, serta kepada siapa kita merekomendasikan?. Semua pertanyaan ini, akan segera kita jawab.
Dalam pengertian tentang budaya commitment, juga mencakup tentang rekomendasikn. Berikut saya kutipan secara lengkap ".....I always recommend products and services
of ActionCOACH prior to going outside the company". Secara harfiah kita bisa mendapatkan pengertian sebagai berikut, bahwa kita selalu merekomendasikan produk dan jasa perusahaan kita ke smua orang yang ada di luar.
Pengertian di atas, bisa kita maknai lebih luas lagi dalam perspektif bisnis. Bahwa siapapun kita, apakah karyawan, manager ataupun pemilik bisnis, begitu keluar dari kantor atau lokasi bisnis kita, maka kita harus selalu merekomendasikan produk dan jasa bisnis kita pada setiap orang yang kita temui?.. Lantas bentuk rekomendasinya seperti apa? Tentu saja tergantung pada posisi masing-masing orang dalam perusahaan atau bisnis. Sebagai contoh, mereka yang berada di bagian marketing, sudah jelas harus memasarkan produk dan jasanya pada calon klien. Sedangkan seorang pucuk pimpinan perusahaan cara merekomendasikanya tentu saja sesuai kapasitasnya yaitu melakukan loby atau memperluas jaringan/networking dengan perusahaan-perusahaan yang ada kaitanya dengan bisnis yang sedang dijalankan.
Nah... bagaimana dengan mereka/karyawan yang ada di dalam perusahaan yang tidak terkait dengan kinerja komunikasi external, misalkan bagian produksi, bagian administrasi, HRD, Accounting dll. Cara merekomendasikan produk dan jasa yang sedang berjalan di bisnis tentu sangat berbeda. Tidak bisa aktif seperti team marketing, ataupun team promosi. Tapi bisa dengan komitment mengunakan atribut-atribut perusahaan. Karena dengan menggunakan atribut-atribut perusahaan, ini akan menarik setiap orang yang bertemu dengan mereka. Dengan melihat atribut perusahaan, maka setiap orang yang bertemu dengan mereka dan akan punya memory tentang jasa dan product perusahaan/bisnis. kita.
(Business Relation Action Agung Kurniawan. Photo/)
0 komentar:
Posting Komentar