Pusat Pelatihan Bisnis/ActionCOACH 21-10-2012
Dalam sebuah dialog di Radio Sangkakala AM Digital 1062 tentang bagaimana membangun sbuha kerajaan bisnis yang kuat dan tangguh bisa bertahan sampai ratusan tahun, Business Coach dari Action COACH, Coach Suwito Sumargo mencontohkan, Kerajaan Inggris, Kerajaan Belanda, dan kerajaan-kerajaan besar lainnya bisa bertahan sampai sekarang. Menurut Coach Suwito, kerajaan-kerajaan ini bisa bertahan sampai sekarang karena memiliki pemimpin-pemimpin yang kuat. Pemimpin yang kuat adalah seorang yang mempunyai leadership yang hebat juga.
Demikian juga di kerjaaan bisnis, seberapa besar dan seberapa kecilpun kerajaan bisnis, haruslah dipimpin seorang yang punya leadership. Menurut Brad Sugars, ada 10 prinsip kepemimpinan.
- Kenali diri Anda dan terus melakukan perbaikan diri. Dalam rangka untuk mengenal diri sendiri, Anda harus memahami Anda ingin "menjadi apa", "tahu apa", dan "melakukan apa". Hal ini bisa terjadi bila anda terus memperkuat diri anda dengan membaca dan belajar terus menerus.
- Jadilah ahli teknis. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus tahu pekerjaan Anda dan juga memiliki "keakraban yang solid dengan pekerjaan karyawan Anda".
- Mencari tanggung jawab dan mengambil tanggung jawab atas tindakan Anda. Mencari cara untuk membimbing organisasi Anda ke ketinggian baru. Dan bila ada yang salah, tidak menyalahkan orang lain.
- Membuat keputusan yang baik dan tepat waktu. Gunakan pemecahan masalah yang baik, pengambilan keputusan, dan perencanaan.
- Memberi contoh. Jadilah teladan yang baik untuk Anda karyawan. Mereka akan percaya apa yang mereka lihat - tidak apa yang mereka dengar.
- Paham terhadap Team Anda dan melihat keluar untuk kesejahteraan mereka. Tahu sifat manusia dan pentingnya tulus merawat pekerja Anda.
- Bangun komunikasi dengan Team Anda. Sehingga anda tahu bagaimana berkomunikasi dengan orang-orang Anda, senior, dan orang-orang penting lainnya dalam organisasi.
- Mengembangkan rasa akuntabilitas, kepemilikan dan tanggung jawab pada orang Anda. Dengan cara semacam ini akan membantu mereka melaksanakan tanggung jawab profesional mereka.
- Pastikan Semua tugas dimengerti, diawasi, dan dicapai. Komunikasi adalah kunci untuk tanggung jawab ini.
- Melatih orang-orang Anda sebagai sebuah tim. Dengan mengembangkan semangat tim, Anda akan dapat membangun organisasi Anda, departemen, bagian, dll untuk kemampuan maksimal.
(Business Relation ActionCOACH Agung Kurniawan)
0 komentar:
Posting Komentar