Selasa, 09 Oktober 2012

Belajar dari Komunikasi Interpersonal

Pusat Pelatihan Bisnis/ActionCOACH
Public Speaking dalam segala posisi seseorang di dalam organisasi sangatlah penting. Tapi sayangnya, tidak semua orang mempunyai kemampuan public speaking  yang baik.

Pada waktu seseorang akan memulai mempelajari Public Speaking, banyak yang merasa kesulitan untuk memulai belajar public speaking. Kemudian mereka juga bingung, harus berlatih seperti apa?.. nah untuk anda yang berada pada posisi semacam ini, anda bisa memulai belajar public speaking dari komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi atau pembicaraan yang kita lakukan dengan 1 atau 2 sampai 5 orang dengan suasana yang santai, tidak terlalu resmi.

Jadi biasakan dulu anda enjoy dan menyenangi komunikasi interpersonal ini. Komunikasi interpersonal bisa berisi hal-hal yang serius atau hal-hal yang ringan dan santai. Mulailah dengan kesengajaan berkomunikasi interpersonal dengan orang-orang dekat anda, karena akan mengurangi kegugupan yang anda rasakan. Kemudian, anda harus mendominasi pembicaraan itu. Tentukan topik pembicaraan yang ringat, seperti tempat wisata, makanan khas dll.

Kesengajaan untuk memulai pembicaraan inilah yang penting. Karena begitu anda menyadarinya, maka anda akan tahu seberapa baik kemampuan komunikasi anda. Kalau anda sadar, maka langkah berikutnya adalah, meningkatkan kemampuan public speaking anda.

kalau anda sudah terbiasa dengan jenis komunikasi interpersonal inii dan enjoy, artinya anda sudah harus mulai meningkatkan latihan anda ke latihan public speaking yang sebenarnya.

(Business Relation Action COACH Agung Kurniawan)
      

0 komentar:

Posting Komentar