Senin, 17 September 2012

8. Team work

Pusat Pelatihan Bisnis/ActionCOACH 17-09-2012                                          

Team Work adalah budaya ke 8 untuk mencapai sukses yang berkelimpahan. Untuk bisa sukses kita harus punya team work yang kuat. Team work yang kuat ini sangat penting. Karena sangat mustahil untuk bisa mencapai tujuan perusahaan/visi perusahaan hanya seorang diri. Dalam pengertian di Action Coach tentang Team Work  ada beberapa kalimat kunci.

  1. Setiap anggota adalah adalah team pemain sekaligus team pemimpin juga. Ini artinya, setiap anggota team harus mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin, karena bisa saja karena satu kondisi yang darurat, komando didelegasikan dari pemimpin ke aggota. Demikian, juga sebaliknya, sebagai team pemimpin juga harus bersiap diri satu saat menjadi pemain secara langsung, karena satu kondisi darurat maka, seorang pemimpin akhirnya untuk sementara waktu harus mengerjakan hal-hal yang tekhnis. Inilah suatu flexiblelitas dalam sebuah team yang kompak. 
  2. Setiap orang harus melakukan segala sesuatu bersama-sama untuk bisa mencapai tuajuan bersama-sama dalam sebuah team yang solid. Jadi setiap pekerjaan yang kita lakukan merupakan bagian dari pekerjaan yang lain dari anggota team. Secara gampang, kita bisa melihat sebuah puzle. bagia-bagian dari puzle itu ibarat masing-masing individu dalam team kita. Kalau kita muncul sendiri, maka tidak akan menjadi sebuah hasil. Tapi kalau bagian-bagaian puzle itu digabung dengan benar, maka akan menghasilkan suatu hasil yang sangat indah.
  3. Setiap anggota harus bekerja dengan cara yang transparan, sehingga bila sauatu saat membutuhkan bantuan anngota yang lain maka harus segera meminta pada yang lain. Begitu juga sebaliknya, anggota yang lain juga harus segera memberikan bantuan/petunjuk/arahan. Dengan demikian semua anggota team berjalan secara dinamis bersama-sama, tidak ada yang tertinggal.
Inilah pengertian dan cara kita bekerja dalam suatu team di internal perusahaan.

Tapi Team Work ini juga punya arti dalam cakupan yang cukup luas. Team tidak saja berarti team di internal organnisasi kita, tapi juga team yang ada di luar perusahaan/bisnis kita atau sering kita sebut sebagai networking. Sebagai contoh, kalau kita punya partner bisnis dengan perusahaan yang lain, maka perusahaan lain tersebut sebenarnya bagian dari team work kita dari sisi external. Networking ini juga menjadi hal yang sangat penting untuk mencapai tujuan/visi bisnis kita. Kita juga harus melakukan/memperlakukan networking kita sama baiknya dengan anggota kita secara internal.   

Anda yang punya pertanyaan tentang bisnis anda, silahkan kirim email ke actionagung@gmail.com
(Business Relation Action Coach Agung Kurniawan/photo, gingermonkeydesaign.jpg)    

0 komentar:

Posting Komentar