Kualitas Entrpreneur di tempat kita (Indonesia pada umumnya dan Jawa
Timur pada khususnya), pada dasarnya patut dibanggakan. Semangat
masyarakat kita, dalam mengambil sebuah peluang bisnis boleh dibilang
sangat pintar. Hal ini, ditandai dengan munculnya pemilik bisnis baru.
Baik itu, di bidang jasa. maupun barang. Di Sidoarjo misalnya, ada para
pemilik bisnis yang bergerak di bidang kerajinan Aluminium, di Mojokerto
bergerak di bidang kerajinan perak, Krupuk dll.
Dari sisi
membuka peluang bisnis, menyerap tenaga kerja, tentu ini menjadi hal
yang patut dibanggakan. Artinya, mereka ini sudah bisa di Step awal
sebagai seorang entrepreneur. Tantu, saja untuk menjadi seorang
entrepreneur yang sesungguhnya tidak cukup dengan 1 step awal saja.
Beberapa
waktu yang lalu, ada Pebisnis yang bergerak di bidang kerajinan
aluminium mengkomunikasikan masalah usahanya ini ke ActionCOACH di
Master Office East Java & Bali yang ada di Pakuwon Trade Centre.
Katanya sang empunnya bisnis kerajinan aluminium ini "Bisnis kerajinan
alumnium ini sudah berjalan sekitar 5 tahun lebih. Tapi koq sepertinya
jalan di tempat, ya begini-begini saja, tidak ada peningkatan yang
drastis. Memang penjualan juga tetap lancar (lacar seperti biasanya,
tidak meningkat). Pangsa pasar juga sampai di wilayah Jawa Tengah. Omset
hanya berputar rata-rata di angka 30 sampai 50 jt per bulan".
Permasalahan
pebisnis kerajinan aluminium ini tidak hanya dia sendiri yang
mengalami. Tapi banyak pebisnis lain yang juga mengalami hal yang sama.
Kenapa bisa terjadi seperti itu? (dalam artian hasilnya biasa-biasa
saja.)
Di ActionCoach diajarkan 6 steps to Massive Result. Satu diantaranya dan yang paling mendasar dan paling awal adalah MASTERY (menguasai/Penguasaan).
Tercakup dalam pengertian mastery ini antara lain product Mastery,
Distribusi Mastery, Logistic Mastery, dan Money Mastery. Product Mastery
artinya, sang pebisnis harus benar-benar menguasai seluk beluk product
dan Jasa. Termasuk, apa keunikan yang dimiliki oleh product/jasa kita
dibandingkan dengan product sejenis lainnya. Kalau product dan jasa kita
sudah punya keunikan dibandingkan dengan yang lain, maka product/jasa
kita akan dicari oleh konsumen. Dengan cara semacam ini, maka penjuaalan
juga aka mengalami peningkatan. Kalau product/jasa kita sudah dicari
konsumen. Keuntunganya bukan saja meningkatkan volume penjualan tapi
juga meningkatkan harga jual per satua. Karena keunikan itu sendiri
layak untuk mendapatkan nilai lebih. Ya.. tapi semua itu hanya bisa
dilakukan kalau kita menerapkan langkah Product Mastery sebagai langkah awalnya.
(Business Relation Action Coach Agung Kurniawan photo antarasumsel.com)
0 komentar:
Posting Komentar