Senin, 17 September 2012

Mengapa Usaha Tidak Berkembang?

Pusat Pelatihan Bisnis/ActionCoach 17-09-2012
Kualitas Entrpreneur di tempat kita (Indonesia pada umumnya dan Jawa Timur pada khususnya), pada dasarnya patut dibanggakan. Semangat masyarakat kita, dalam mengambil sebuah peluang bisnis boleh dibilang sangat pintar. Hal ini, ditandai dengan munculnya pemilik bisnis baru. Baik itu, di bidang jasa. maupun barang. Di Sidoarjo misalnya, ada para pemilik bisnis yang bergerak di bidang kerajinan Aluminium, di Mojokerto bergerak di bidang kerajinan perak, Krupuk dll. 

Dari sisi membuka peluang bisnis, menyerap tenaga kerja, tentu ini menjadi hal yang patut dibanggakan. Artinya, mereka ini sudah bisa di Step awal sebagai seorang entrepreneur. Tantu, saja untuk menjadi seorang entrepreneur yang sesungguhnya tidak cukup dengan 1 step awal saja.

Beberapa waktu yang lalu, ada Pebisnis yang bergerak di bidang kerajinan aluminium mengkomunikasikan masalah usahanya ini ke ActionCOACH di Master Office East Java & Bali yang ada di Pakuwon Trade Centre. Katanya sang empunnya bisnis kerajinan aluminium ini "Bisnis kerajinan alumnium ini sudah berjalan sekitar 5 tahun lebih. Tapi koq sepertinya jalan di tempat, ya begini-begini saja, tidak ada peningkatan yang drastis. Memang penjualan juga tetap lancar (lacar seperti biasanya, tidak meningkat). Pangsa pasar juga sampai di wilayah Jawa Tengah. Omset hanya berputar rata-rata di angka 30 sampai 50 jt per bulan".
Permasalahan pebisnis kerajinan aluminium ini tidak hanya dia sendiri yang mengalami. Tapi banyak pebisnis lain yang juga mengalami hal yang sama. Kenapa bisa terjadi seperti itu? (dalam artian hasilnya biasa-biasa saja.)

Di ActionCoach diajarkan 6 steps to Massive Result. Satu diantaranya dan yang paling mendasar dan paling awal adalah MASTERY (menguasai/Penguasaan). Tercakup dalam pengertian mastery ini antara lain product Mastery, Distribusi Mastery, Logistic Mastery, dan Money Mastery. Product Mastery artinya, sang pebisnis harus benar-benar menguasai seluk beluk product dan Jasa. Termasuk, apa keunikan yang dimiliki oleh product/jasa kita dibandingkan dengan product sejenis lainnya. Kalau product dan jasa kita sudah punya keunikan dibandingkan dengan yang lain, maka product/jasa kita akan dicari oleh konsumen. Dengan cara semacam ini, maka penjuaalan juga aka mengalami peningkatan. Kalau product/jasa kita sudah dicari konsumen. Keuntunganya bukan saja meningkatkan volume penjualan tapi juga meningkatkan harga jual per satua. Karena keunikan itu sendiri layak untuk mendapatkan nilai lebih. Ya.. tapi semua itu hanya bisa dilakukan kalau kita menerapkan langkah Product Mastery sebagai langkah awalnya.


(Business Relation Action Coach Agung Kurniawan photo antarasumsel.com)












0 komentar:

Posting Komentar