Selasa, 16 Oktober 2012

Bagaimana cara Menambah Profit?

Pusat Pelatihan Bisnis/ActionCOACH  16-10-2012
Redaksi www.pusatpelatihanbisnis.blogspot.com menerima satu pertanyaan dari pembaca melalui email di actionagung@gmail.com. Terima kasih sebelumnya kepada penanya. Pertanyaanya secara singkat adalah sebagai berikut.

Kepada actionCOACH yang ada di Surabaya.
Saya adalah seorang pemilik bisnis percetakan kertas, saya sudah mengelola bisnis ini selama 10 tahun, semuanya berjalan lancar. Yang saya tanyakan, bagaimana cara meningkatkan keuntungan/profit bisnis percetakan kertas saya?.. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Untuk meningkatkan profit/keuntungan bisnis percetakan kertas yang bapak jalankan, ada cara yang bisa bapak lakukan, yaitu dengan meningkatkan profit margin anda. Profit margin ini adalah laba persatuan masing-masing item/produk yang anda jual. Sebagai contoh, kalau selama ini anda menjual surat undangan jenis A maka anda mendapatkan laba   Rp.100 per lembar undangan, maka naikan labanya menjadi Rp. 125 per lembar undangan. Tentu anda bertanya-tanya bagaimana caranya kita menaikan laba itu? karena kalau tiba2 kita naikan, maka konsumen juga akan bertanya-tanya kok naik? Supaya tidak ada pertanyaan semacam itu, kita bisa melakukan variasi pada produk yang kita naikan labanya tadi. Dengan Variasi yang lebih cantik, penampilan yang lebih bagus, maka surat undangan yang kita cetak punya Added Value. Nah.. nilai tambah itulah yang kita jadikan pijakan untuk menaikan laba persatuan/item produk. Buatlah variasi dengan biaya yang minim, atau bahkan kalau bisa variasi itu dibuat dari sisa kertas cetak undangan yang tidak terpakai. Langkah ini akan membuat Surat Undangan kita punya Keunikan tersendiri, dan anda punya hak menaikan harga, karena undangan hasil cetakan anda punya nilai tambah/keunikan.  Setiap tambahan nilai dari produk, berbanding lurus denga kenaikan nilai jual.

Selamat mencoba, dan salam fantastic dari ActionCOACH.

(Business Relation ActionCOACH Agung Kurniawan)



0 komentar:

Posting Komentar