Pusat Pelatihan Bisnis/ActionCOACH 29-10-2012
Sekali lagi terima kasih untuk para pembaca blog yang memberikan atensi dengan bertanya melalui email actionagung@gmail.com. Kami akan menjawab semua pertanyaan bisnis yang anda sampaikan. Satu pertanayaan yang kami terima, antara lain dari saudara amanudin yang menanyakan "bagaimana cara meningkatkan jumlah transaksi pejualan dari product yang kita miliki?".
Jawaban : Terkait dengan bagaimana cara meningkatkan jumlah transaksi penjualan dari product yang kita pasarkan. Ini berarti, kita mengusahakan, bagaimana supaya 1 pelanggan kita melakukan transaksi berkali-kali atau lebih sering pada satu periode tertentu. Secara umum, kita harus punya hubungan yang baik dengan konsumen. Karena dengan hubungan yang baik, maka konsumen bisa kita tarik untuk melakukan transaski sesering mungkin. Nah.. bagaimana caranya?. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan antara lain :
- 1. Pertama, kita usahakan memberikan sedikit janji, dan lebih banyak melakukan kejutan-kejutan yang menyenangkan pelanggan. Dengan cara ini, pelanggan akan terkesan dengan product kita.
- 2. Kedua,memberikan layanan yang spesial kepada para pelanggan, kembangkan komunikasi yang lebih luas dengan pelanggan anda, cari tahu kesukaanya, tempat tinggalnya dll sehingga mereka merasa nyaman berbisnis dengan anda.
- 3. Lakukan hubungan/komunikasi berkala dengan pelanggan anda secara berkala, dengan demikian akan terjalin komunikasi yang berkesinambungan. Nah... pada saat komunikasi semacam ini, sertakan juga penawaraan yang menarik untuk konsumen.
- 4. Tambahkan jajaran product anda dan beritahukan pada konsumen tentang product-product yang baru saja anda tambahkan di jajaran product anda.
- 5. Stok siap pakai siap kirim harus tersedia. Ini sebagai upaya antisipasi terhadap pelanggan yang tiba-tiba melakukan pembelian secara mendadak. Ini harus dilakukan karena kalau tidak, akan membuat pelanggan anda bisa jadi pergi ke tempat lain. Dan ini jadi catatan pelanggan anda.
Itu paling tidak 5 strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah transaksi.